Ini Alasan Kulit Kering dan Kusam Saat Puasa Serta Cara Mengatasinya

Puasa memang membuat kondisi tubuh kita menurun dari hari biasanya. Tidak hanya mempengaruhi bagian dalam tubuh, tetapi juga terlihat di luar seperti kulit yang menjadi kusam dan kering.

Untuk memenuhi kebutuhan daya tahan saat puasa kita harus memperhatikan beberapa faktor. Bisa dari faktor eksternal dan faktor internal. Apa yang menyebabkan kulit kering dan bagaimana cara menanganinya? Ayo, lihat beberapa poin di bawah ini.

1. Pola makan yang ceroboh

Di bulan puasa ini, rasa lapar dan haus mata menjadi lebih sulit untuk dibedakan. Meski rasanya sangat lapar, kita tetap harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Makan terlalu banyak makanan berminyak dapat memengaruhi kondisi agar tampak lebih kusam. Demi menghindarinya Anda harus menyeimbangkan dengan makanan lain yang lebih sehat dan kaya vitamin.

Inilah alasan kulit kering dan kusam saat berpuasa dan cara mengatasinya

2. Mandi terlalu lama

Mandi memang bisa membuat tubuh menjadi lebih segar terutama di tengah puasa. Tetapi terlalu lama mandi dapat memiliki efek buruk pada kulit kamu tahu. Semakin lama Anda mandi, itu akan membuat lemak di kulit lebih larut dan membuat kulit kering.

3. Kurang cairan

Dehidrasi adalah suatu kondisi yang harus dihindari saat puasa. Karena kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan pusing, mual, hingga kulit menjadi kering dan mengganggu aktivitas Anda. Selalu pastikan untuk minum 8-12 gelas air mulai dari saat berbuka, makan malam, sebelum tidur, dan saat subuh.

Inilah alasan kulit kering dan kusam saat berpuasa dan cara mengatasinya

4. Pola tidur yang berantakan

Di bulan puasa ini tidak beberapa orang membuat malam seperti pagi dan pagi seperti malam, alias begadang dan tidur di siang hari. Ini terpisah dari tidak baik untuk kinerja organ dalam tubuh, bisa juga buat kulit tidak Istirahatlah dengan baik sehingga timbul berbagai masalah kulit wajah seperti kekeringan, jerawat, dan kusam. Usahakan untuk tidur di malam hari dan lakukan aktivitas normal Anda di siang hari, Bela.

5. Jangan lewatkan penggunaan perawatan kulit

Tidak dapat dipungkiri jika puasa memberi efek kelemahan dan cenderung lebih malas dari biasanya. Tapi kamu harus malas tidak berlaku untuk penggunaan perawatan kulit rutinitasmu, Bela. Dalam keadaan puasa, tepatnya perawatan kulit sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap lembab sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here